Forum Temu Bisnis Kemaritiman & Lepas Pantai Indonesia – Jepang

July 12, 2016,

Asosiasi Permesinan dan Peralatan Perkapalan Jepang (JSMEA) akan membuka acara Forum Temu Bisnis pada tanggal 27 Juli 2016 (Rabu) di INTERCONTINENTAL JAKARTA MIDPLAZA, Jakarta, yang bertujuan untuk memberikan presentasi produk-produk terbaru dan teknologi terkini untuk kapal niaga ataupun kapal ikan dari para anggota asosiasi kami, serta membangun hubungan yang harmonis sebagai rekanan bisnis dengan pihak-pihak terkait kemaritiman dan perusahaan perusahaan kapal ikan terkait di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, acara yang akan digelar dengan mendapatkan kerjasama dari Kementrian Kordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Republik Indonesia, Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, Persatuan Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia (INSA), Ikatan Perusahaan Produsen Kapal dan Sarana Lepas Pantai Indonesia(IPERINDO).

Republik Indonesia layaknya Negara Jepang adalah suatu negara yang dikelilingi oleh lautan, oleh karenanya pentingnya kapal sebagai infrastruktur transportasi , sarana atau kapal produksi eksploitasi sumber daya lepas pantai, dan perikanan maka untuk kedua negara industri maritim dan perikanan adalah industri yang sangat penting.
Saat ini, di Indonesia kebutuhan akan kapal penumpang yang menghubungkan antara satu pulau dan pulau lainnya, pentingnya mesin tipe ramah lingkungan yang berbahan bakar Gas Alam Cair (LNG), dan adanya permasalahan penuaan armada kapal berbendera Indonesia yang membuat kondisi dimana kebutuhan akan kapal di Indonesia menjadi tinggi dan hal ini menjadi perhatian yang besar dari para anggota asosiasi kami terhadap Indonesia sehingga pada forum ini terdapat 27 Perusahaan anggota asosiasi yang ikut berpartisipasi.

Dalam acara ini, selain presentasi dari masing-masing perusahaan anggota, dan dengan disiapkan meja konsultasi untuk 27 perusahaan yang berpartisipasi memungkinkan untuk dilakukan konsultasi dan pertanyaan yang mendetil, dan merupakan acara yang menitik beratkan pada Temu Bisnis.

Delegasi dari Jepang direncanakan dipimpin oleh Wakil Presiden JSMEA dengan partisipan sebanyak 75 Orang, selain itu dari Pemerintah Jepang akan turut hadir dalam Forum ini adalah Mr. Jun Kono Direktur Urusan Luar Negeri dari Biro Maritim Divisi Industri Perkapalan Kementrian Tanah, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang, dan direncanakan akan memberikan paparan mengenai Industri Maritim Negara Jepang.

Dari Pihak Indonesia akan dihadiri dan kata sambutan oleh Deputi Bidang Kordinasi Infrastruktur Bapak Dr. Ridwan Djamaludin dari Kementrian Kordinasi Bidang Maritim dan Sumber Daya Republik Indonesia, Driketur Jendral Perhubungan Laut Bapak Tonny Antonius Budiono dari Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, serta paparan dari Ketua Persatuan Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia (INSA) Bapak Jhonson W. Sutjipto, Ketua Ikatan Perusahaan Produsen Kapal dan Sarana Lepas Pantai Indonesia Bapak Eddy Kurniawan Logam, sehingga digelar acara yang menyatukan antara sektor swasta dan pemerintah dari kedua negara Jepang dan Indonesia.

Dalam forum ini, bertujuan untuk memperdalam kekerabatan para partisipan dari kedua negara dengan pertemuan makan siang dan presentasi networking sembari menikmati jamuan yang telah disediakan.
Kepada para rekan media massa sekalian, kami memohon kerjasamanya untuk dapat menyebarluaskan mengenai forum kali ini. Dan kami berharap agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan forum ini. Kegiatan forum dapt diliput, dan apabila berkeinginan untuk meliputnya mohon untuk dapat menghubungi petugas kami dibawah ini.

Pendftaran:Bebas Biaya
Mohon untuk melakukan registrasi di Web Site berikut ini.
http://www.jsmea.or.jp/en/seminar/indonesia/

Dapat juga diakses dari Home Page JSMEA.
Asosiasi Permesinan dan Peralatan Kapal Jepang (JSMEA)
Hiroshi Ishida
TEL:+81-90-6158-0641 (HP)
TEL:+81-3-3502-2041
Email:ishida@jsmea.or.jp

Garis Besar Acara Forum Temu Bisnis Maritim & Lepas Pantai Indonesia  –  Jepang

Sasaran
Pihak terkait Maritim, Lepas Pantai, Kapal Ikan, Perusahaan Lepas Pantai, Pemilik Kapal, Produsen Kapal, Perusahaan Desain, Media Massa (Press)

Jakarta
Tanggal:27 Juli 2016
Waktu:10:30~14:50 SEMINAR
12:00~13:15 Jamuan Makan Siang
15:15~17:00 Jamuan Makan Malam
Tempat Acara:INTERCONTINENTAL JAKARTA MIDPLAZA
Alamat:Jl. Jend. Sudirman Kav. 10-11, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia
Biaya Partisipasi :Bebas Biaya
Metode Pendaftaran:Melakukan registrasi melalui WEB
http://www.jsmea.or.jp/en/seminar/indonesia/

(Perusahaan Partisipan dari Pihak Jepang)
Akasaka Diesels Ltd.
DAIHATSU DIESEL MFG. CO., LTD.
Fuji Trading Co., Ltd.
Furuno Electric Co., Ltd.
Hanshin Diesel Works, Ltd.
HSN-KIKAI KOGYO CO., LTD. SPM PIVA
JRCS MFG. CO., LTD.
Kamome Propeller Co., Ltd.
Kanagawa Kiki Kogyo Co., Ltd.
Kawasaki Heavy Industries, Ltd.
KEMEL ASIA PACIFIC PTE LTD.
Manabe Zoki Co., Ltd.
Makita Corporation
MITSUBISHI HEAVY INDUSTRIES MARINE MACHINERY & ENGINE CO., LTD.
Nabtesco Corporation
Nakashima Propeller Co., Ltd.
Niigata Power Systems Co., Ltd.
NYK Trading Corporation

Sasakura Engineering Co., Ltd.
Stabilo Co., Ltd.
Taiko Kikai Industies Co., Ltd.
Taiyo Electric Co., Ltd.
Takashina Life Preservers Co., Ltd.
Ushioreinetsu Co., Ltd.
Volcano Co., Ltd.
YAMATO METAL Co.,Ltd
Yanmar Co., Ltd.

1、Asosiasi Permesinan dan Peralatan Kapal Jepang(JSMEA)adalah
Asosiasi Permesinan dan Peralatan Kapal Jepang(JSMEA)tersusun atas 251 perusahaan yang melakukan produksi, penjualan dari berbagai produk perkapalan yang di instalasikan di kapal seperti  mesin pembakaran internal, generator, peralatan navigasi, propeler, mesin dek, dan berbagai perlengkapan lainnya, dan mensuplai serta melakukan layanan untuk berbagai peralatan untuk kapal dan unit lepas pantai.
Jumlah Ekspor Jepang untuk Peralatan Perkapalan  mencapai puncaknya pada tahun 2008 dengan nilai 424(Milyar Yen)yang kemudian sesaat mengalami penurunan dimana pada tahun 2013 kembali naik menjadi 367,4(Milyar Yen).

2.Upaya JSMEA dalam Pengemabangan Luar Negeri Produk Perkapalan Jepang
① Peningkatan dan Sosialisasi Keunggulan Produk Jepang dalam hal Hemat energi dan Life Cycle Cost
JSMEA dalam rangka meningkatkan tingkat kompetitif produk perkapalan Jepang di Dunia Internasional, membentuk Komisi Dewan Pengkajian Life Cycle ,
melakukan pengkajian yang dapat memberikan kontribusi kepada pengguna dari sisi Life Cycle Cost atas produk yang disuplai.

(Dapat menemukan peralatan hemat energi melalui WEB SITE dibawah ini.)
———————————————————————
Japanese Marine ECO Products – Digital Catalog
http://www.jsmea.or.jp/eco-products/
———————————————————————

3、Mengenai kegiatan untuk menyuplai produk sistem produksi untuk ekploitasi minyak bumi dan gas dilautan (Lepas Pantai)
Sejak tahun 2015 dibentuk Dewan Pengkajian Strategi Pengembangan Lepas Pantai dan melakukan pengkajian penetrasi dan ekspansi pasar bersama dengan Perusahaan Anggota. Dan dalam rangka merespons Unit Lepas Pantai secara konkrit, membentuk Support Vessel WG dan Mobile Units WG, melaksanakan pengumpulan dan pertukaran informasi pasar, pengkajian antisipasi terhadap standar dan aturan.
(Dapat menemukan Produk Jepang untuk Unit Lepas Pantai pada WEB SITE dibawah ini.)
———————————————————————
Japanese marine equipment OFFSHORE Special WEB site
http://www.jsmea.or.jp/offshore/
———————————————————————
Dalam pertemuan pada ruang seminar akan dibagikan Ringkasan Katalog Produk Jepang untuk Kapal Niaga dan Unit Lepas Pantai.
Katalog ini dipilah atas kategori produknya dan ditampilkan nama perusahaan serta kotak untuk dihubungi, dan katalog ini sangat praktis dan mudah dilihat bagi para penggunanya.

4、Mengenai Kegiatan di Luar Negeri dari Asosiasi Permesinan dan Peralatan Kapal Jepang (JSMEA)
Asosiasi ini(JSMEA)telah melakukan berbagai forum seperti ini dalam rangka melakukan promosi peralatan buatan Jepang yang terfokus ke negara-negara berkembang dengan sasaran untuk melakukan pengembangan bisnis dengan perusahaan lokal.
(Negara diadakan Forum Temu Bisnis Hingga Sekarang)
・Indonesia
・Republik Federasi Rusia(Sain Petersburg, Vladivostok)
・India
・Singapura
・Republik Filipina
・Thailand
・Malaysia

Dan secara aktif berpartisipasi dalam Pameran Maritim Internasional, Konferensi Pengembangan Kemaritiman Internasional, melakukan secara aktif menbangun hubungan dengan setiap negara.

(Nama Pameran Utama)
・Konferensi Teknologi Lepas Pantai (Amerika Serikat)
・Pameran Posedonia(Yunani)
・SMM Hamburg(Jerman)
・Marintec Amerika Selatan(Brazil)
・IMPA(Inggris)
・Maritim Asia Pasifik (APM) (Singapura)
・SMP World Expo(India)
・Work Boat Show(Inggris)
・NORSHIPPING(Norwegia)
・KORMARINE(Korea Selatan)
・Marintec China(Cina)

JSMEA Business Matching Forum in Jakarta
IPERINDO Joins Marintec Indonesia in the Pursuit of Transforming Indonesia into a Maritime Power

Gold Sponsors

Silver Sponsors

Supporting Partners